Selasa, 07 Desember 2010

BERITA NUSANTARA

Kegiatan Training Journalistik Washilah yang berlangsung tgl 26-28 November menyisahkan kenangan manis bagi saya. banyak ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang sangat berharga. Pemateri yang terhitung sudah berpengalaman banyak memberi masukan buat kami yang baru mau merambah ke dunia Jurnalistikan. Materi yang mereka bawakan betul-betul  keren saya tidak akan dapatkan di bangku kuliah semua yang mereka bahas...jelaslah Z kan Jurusan Biologi
hehehehehe


Z juga baru tahu kalo banyak Senior Washilah yang udah sukses jadi Jurnalis di Media Nasional dan Lokal, seperti Tribun Timur, Fajar, Makassar Tv, Metro, Tv One Dll.
Kegiatan yang mulai dari jam 8.00-18.00 ini sangat padat materi dan tugas dari Senior. Istirahat cuma 2 kali untuk ISHOMA itu pun cuma 1 jam. Tugas yang diberikan juga tidak mudah, selain susah dibuat juga susah di Ketik karena Wajib menggunakan Mesin Ketik Manual. Tugas boleh dikerja pada saat Ishoma padahal ishoma itu buat sholat,makan jadi istirahatnya tersita karena buat pengerjaan tugas. Tugas juga ada waktu dedlinenya, artinya ada waktu pengumpulan yang harus tepat waktu dikumpul.
                      Jadwal hari ke-2 ada kunjungan kebeberapa tempat, yaitu Kantor Harian Tribun Timur, Harian Fajar, dan terakhir titik-titik wisata malam nan kontroversial buat cari informasi bahan Buletin. Hari ke-2 ini memang akan Panjang karena seharian kami akan melaksanakan kegiatan turun langsung ke lapangan buat wawancara mencari berita.
                      Tugas ini adalah tugas terakhir kami, batas pengumpulannya memang panjang tapi................
pembuatannya itulohhh juga lamam nga cukup cuma semalam menyelesaikan 1 buletin yang berisi banyak berita. Walau tidak kerja sendiri karena ini adalah tugas kelompok tp Menjadi Seorang PIMRED itu tidak mudah mengkordinir Bawahannya
Caiiilehhhhhhhhhhhhh maksud saya rekannya!!!ckckckc
yhaaa...........Z memang terpilih menjadi Pimred buat proyek pembuatan Buletin yang blum ad namanya. Ceritanya gini....
Selesai kegiatan keliling di Kantor Harian Fajar kami langsung makan malam, setelah makan para Kambing-Kambing masing-masing memberi arahan untuk masing-masing kelompok yang telah di bagi tadi. 1 kelompok di jaga 2 Kambing, anggotanya ada 5 org. Salah satu Kambing menyuruh kami untuk memilih jabatan masing-masing, kami bingung menentukan siapa yang pantas menjadi PIMRED yang bertanggung jawab untuk pembuatan Buletin. Z berharap PIMRED kami adalah seorang laki-laki yang bisa dsengan penuh tanggung jawab melaksanakan tugasnya, namun tak 1 pun laki-laki yang bersedia. akhirnya yang lain menyarankan Z sebagai Pimred, yaaaaa dari pada kelamaan Z terimah aja karena waktu sangat sedikit bahkan pemberian tugas saja belom saya kasih.
                      akhirnya kami di bawa ketiap masing-masing titik yg harus kami cari datanya, semakin banyak data maka semakin bagus Buletinnya nanti. Titik-titik yang telah di tentukan yaitu KAREBOSI,RUMAH JABATAN,TAMAN KOTA, PANTAI LOSARI dan NUSANTARA tempat prostitusi terbesar di MKS. Tak Qw sangka kami dapat titik yang paling berbahaya dan sulit dijangkau buat mendapatka berita.  Dengan modal keberania kami di lepas Oleh Kambing kami dengan beberapa arahan sebelumnya juga arahan dari saya tentunya sebagai PIMRED hehehehehe..........


                          tepatnya jam 00.00 kami berpencar mencari berita, telah Q tugaskan di tiap bagian dan Q beri konsep yang nanti akan mereka tanyakan. Z berharap bisa mengkordinir mereka dengan baik walau neluam begitu mengenal mereka. Alhamdulillah mereka semua asik di ajak kerjasama dan mau menuruti tiap instuksi yang saya kasi. Sulit sekali mewawancarai para pelaku utama yaitu PSK di Nusantara, mereka takut apabila apa yang Z tanyakan dan mereka jawab di beritakan akhirnya jadi masalah besar buat semua orang yang bekerja disana. Walau demikian Z bersyukur karena teman-teman rekan kerjaQ semuanya Jago mewawancarai sehingga kami bisa dapat info sedikit langsung dari salah satu PSK yang bekerja disana.
                           Jam telah menunjukkan pukul 01.00 artinya waktu pencarian berita telah selesai, alhamdulillah berita yang kami dapat lumayan banyak cukuplah buat Buletin kami. Lama menunggu Bis Jemputan tiba-tiba turun huajan keras yang tidak diduga-duga. Kami kebingungan karena masi ada teman kami yang belom kumpul karena masih mencoba mencari berita. Berteduh disalah satu Rumah toko (Ruko) bersama Kambing sambil sibung menghubungi kedua rekan kami yang tidak tau ada dimana padahal kami sudah siap untuk balik. hujan semakin deras, salah satu teman qw dalam keadaan sakit tapi ia bersi keras ingin ikut meliput, karena tidak memiliki Jaket maka Qw pinjamkan saya milikku karena jangan sampai dia sakit disaat kami perlu dia. Bis telah menuju ketempat perteduhan kami, tapi teman lain belum datang juga terpaksa kami masuk duluan di Bis sambil terus menghubungi Fahri slah satu rekan kami yang juga bersama teman yang lain ternyata berteduh ditempat dimana pertama kali kami diturunkan di BIs.
                             Tidak terasa udah jam 03.30 sampai juga kami ke Kampus 1 sekret Washilah. Cape dari keliling semalaman begadang membuat mata kami nie ingin cepat-cepat tertutup dan merebahkan badan di tempat tidur, walau tak ada tempat tidur tp kami semua mencoba mencari tempat nyaman buat tidur sejanak sampai akhirnya pagi kami harus bekerja menyusun berita. setelah tidur beberapa jam, walau diganggu banyak nyamuk dan kedinginan tampa selimut membuat badan kami lemas tp kami harus Semangat bangun buat tugas yang harus dikumpul jam 10.00 teng!. Mesin ketik sudah siap, kertas, pensil warna dan alat-alat lain sdah siap. Saatnya menyusun berita dari semua informasi yang kami dapat, masing-masing menceritakan semua yang telah didapatkan dan menurut saya itu cuku buat tiap berita seperti Tajuk, Opini, Berita Umum, serta khususnya. Penyelesaiannya tidak mudah karena harus tepat pada judul dan sekmen beritanya. Penempilannya juga harus menerik dan jujur kepala Qw dah kehabisan ide buat Buletin ini agar Tampil menarik. Detik-detik terakhir rekan-rekan sudah menurun kinerjanya tapi saya tidak meneyrah buat menyelesaikan tugas ini agar dapat rampung sampai waktunya. Tidak berharap untuk menang, setidaknya Buletin kami tidak malu-maluin dari Buletin tamn2 yg lain. 5 menit terakhir, Alhamdulillah Buletin kami selesai dengan banyak kekurangan. Lem yang tidak rata, cara mengetik yang tidak rapi, tinta yang udah kabur serta isi berita yang tidak tau apakah sesuai dengan Kaidah penulisan berita yang ada. Pada saat pengumpulan saya melihat hasil dari kelompok lain, saya melihat bentuk Buletin mereka semua sama hanya saya yang bedah karena menggunakan kertas lebar. Z lupa kalo Buletin itu tidak sama dengan koran tapi saya menyamakan buletin saya dengan bentuk koran hahahahahah. Tiba-tiba Kambing saya datang dan berkata kalo para Juri Menginginkan bentuk buletin yang seperti dengan Buletin kami, dalam hatiQ berkata Syukurlah namun saya nga mau berharap lebih bisa terpilih menang nengan Buletin kami yang berjudul BERITA NUSANTARA.
                            Penutupan acara Training Juornalistik sebentar lagi mulai begitu pulah pengumuman pemenang Buletin terbaik. Z sudah siap memberikan selamat buat pemenangnya, dengan gaya bercandanya K'Edhy salah satu Juri mengumumkan pemenangan dengan senyum penuh Banyolnya yang membuat saya yakin ia akan membanyol sebelum mengatakan siapa yang menang. Dengan gaya Bicara ka'Edhy yg begitu tidak meyakinkan menyebutkan salah satu nama Buletin yaitu "BERITA NUSANTARA". Saya lama terkesimak mendengar pengumuman tak percaya kalo Buletiku lah yang terpilih....Semua orang bersorak bertepuk tangan memberi selamat dan menyalami tanganku yang telah berhasil mewujudkan harapan teman-teman Rekan serta Kambing alias kakak pendamping. Aku sebagai PIMRED di panggil maju kedepan buat mengambil hadi sebuah buku karya salah satu Senior Washilah yang sekarang udah terkenal di Forum Lingkar Pena. Bangga sungguh Kebanggaan yang Luar biasa sampai-sampai Otak Qw lupa apa yang saya dan teman2 tulis sehingga terpilih sebagai Buletin terbaik. Kegiatan ini tambah berkesan dengan Kemenangan yang Saya dan teman-teman raih sungguh Pengalaman yang berharga. saya berharap akan ada karya-karya hebat selanjutnya yang saya hasilkan. tidak hanya Senior yang menilainya namun semua orang yang menikmati karya saya.

 TAMAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih