Selasa, 04 Januari 2011

Sidik Jari Telah tercantum dalam Al-Qur'an jauh hari

         Setiap orang, termasuk mereka yang terlahir kembar identik, memiliki pola sidik jari yang khas untuk diri mereka masing-masing, dan berbeda satu sama lain. Dengan kata lain, tanda pengenal manusia tertera pada ujung jari mereka. Sistem pengkodean ini dapat disamakan dengan sistem kode garis (barcode) sebagaimana yang digunakan saat ini. 

               Sidik jari sangat berguna di keseharian  kita. Sebagaimana kita ketahui kepolisian dengan mudahnya menemukan pelaku kejahatan dengan mendeteksi benda disekitar TKP. Untuk anak sekolahan biasanya sidik jari di gunakan saat pembuatan Ijasah SD SMP SMA bahkan perguruan tinggi dan istansi resmi lainnya serta masih banyak kegunaan dari pada sidik jari manusia sebagai identitas. Taukah kalian kawan kalo semua ini telah jauh hari dibahas dalam Al-Qur'an. Saat dikatakan dalam Al Qur'an bahwa adalah mudah bagi Allah untuk menghidupkan manusia setelah kematiannya, pernyataan tentang sidik jari manusia secara khusus ditekankan:

"Apakah manusia mengira bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang-belulangnya? Ya, bahkan Kami mampu menyusun (kembali) ujung jari-jarinya dengan sempurna." (Al Qur'an, 75:3-4)

Penekanan pada sidik jari memiliki makna sangat khusus. Ini dikarenakan sidik jari setiap orang adalah khas bagi dirinya sendiri. Setiap orang yang hidup atau pernah hidup di dunia ini memiliki serangkaian sidik jari yang unik dan berbeda dari orang lain.
Itulah mengapa sidik jari dipakai sebagai kartu identitas yang sangat penting bagi pemiliknya dan digunakan untuk tujuan ini di seluruh penjuru dunia.
Akan tetapi, yang penting adalah bahwa keunikan sidik jari ini baru ditemukan di akhir abad ke-19. Sebelumnya, orang menghargai sidik jari sebagai lengkungan-lengkungan biasa tanpa makna khusus. Namun dalam Al Qur'an, Allah merujuk kepada sidik jari, yang sedikitpun tak menarik perhatian orang waktu itu, dan mengarahkan perhatian kita pada arti penting sidik jari, yang baru mampu dipahami di zaman sekarang.


SUMBER: http://www.keajaibanalquran.com/biology_09.html

1 komentar:

  1. tiap orang unik. dan tiap orang memiliki sidik jari yang tidak sama di belahan dunia ini.

    nice posting.

    BalasHapus

Terima Kasih