Kamis, 24 Februari 2011

Bandung ke-2 (MaLiNo)

Assalamualaikum!!!!

Dari judulnya kita pasti akan membandingkan dua kota yang saling berjauhan dan beda provinsi ini.
Yuppp...
Bandung di Jawa Barat dan Malino di Sulawesi selatan.
Apa siii perbedaan dan persamaannya???
mari kita sama-sama ulas.
Bagi anak Bandung saya harap juga ikut melihat-lihat bagaimana Malino bisa dianggap oleh anak asal Sulawesi kalau Malino itu Bandung ke-2 di Indonesia.



Jarak dari Makassar ke Malino cukup jauh, butuh sekitar 3-4 jam kesana. Perjalanan menuju Malino melewati bendungan Bili-bili yang besar. Banyak bukit yang dilalui, jalanannya sempit dan banyak turunan berkelok-kelok.









Pemandangan hijau dan bukit-bukit tinggi terlihat luar biasa. Jurang terjal ada di sekitar perjalanan menuju Malino. Jalanan menuju Malino terbilang ekstrim tapi sampai saat ini masih aman selama yang mengemudikan kendaraan bisa melewati medan tanjakan dan turunan dengan kelok jalanan sempit.










Pemandangan Pegunungan dan pohon rindang jadi
daya tarik wisata alam di Malino.

Ini dia, Wisata perkebunan Tehnya Malino yang tidak kalah indah dengan kebun teh Bandung. Jalanan menanjak menuju puncak perkebunan  sangat menarik untuk di telusuri pengunjung. Walau sediki ambil tenaga manuju puncak tapi rasa penasaran dengan keindahan puncak kebun teh buat rasa lelah terlupakan











Pemandangan hijau dan langit biru Malino yang bebas polusi dan udara sejuk di kebun teh sangat memanjakan tiap pengunjung yang dari kota mencari ketenangan dari kehidupan kota.









Kebun teh dari kejauhan menuju puncak 
kebun teh Malino

Pemandangan Kebun teh yang indah dari puncak, terlihat
pemukiman warga yang jauh dari kebun teh. Luas kebun teh yang berhektar-hektar dengan jalan panjang yang dilalui tak lepas dari keindahan alam kebun teh yang dikelolah warga dengan kerjasama pemerintah setempat menjadikan tempat ini juga dijadikan lokasi wisata di Malino. Pokoknya kalau ke Malino jangan sampai tidak datang kesini.




Dari puncak Kebun teh Malino kita seperti sangat dekat dengan awan. Kabut yang ketebalannya tergantung cuaca jadi salah satu fenomena alam. Malino akan terlihat jelas di atas puncak kebun teh saat cuaca cerah seperti pada saat Foto disamping di ambil. Terlihat Pelangi indah dengan kabut yang seperti saling bersentuhan langsung dengan perkebunan teh.





 Di Malino yang memiliki suhu yang dingin membuat pengunjung tertarik dan suhu  sejuk pegunungan membuat tanaman hias subur tumbuh di Malino. Sayur-sayuran dan buah-buahan yang tak bisa tumbuh di cuaca panas banyak di temukan di Malino seperti alpukat, markisa, kembang kol. Pasar tradisionalnya ramai dengan oleh-oleh khas Malino seperti Tenteng (kacang tanah dengan lumeran gula merah), dodol ketan hitam, dodol markisa dll.
Masih banyak lagi wisata menarik di Malino yang belum saya paparkan, seperti air terjun Takapala, lembah biru dan taman Malino. Jadi bagaimana menurut anda???
Silahkan berkunjung ke Malino Sulawesi Selatan.


lihat juga : Balang Lompo Island
                  Wisata Bahari Samalona







Create your own at MyNiceProfile.com

3 komentar:

Terima Kasih