Senin, 07 Maret 2011

Wisata Bahari Samalona

Pulau Samalona merupakan salah satu tempat wisata pulau pasir putih di Sulawesi selatan.
Samalona adalah sebuah pulau kecil di Selat Makassar, tepatnya di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Posisi lebih tepatnya berada di sebelah barat kecamatan Wajo, Makassar, berjarak sekitar 2 km dan bisa dilihat dengan jelas dari kecamatan tersebut.

Untuk menuju pulau ini bisa menggunakan perahu nelayan (perahu dengan mesin tempel) dan memerlukan waktu tempuh tidak lebih dari 0,5 jam. Di pulau ini berdiri sebuah mercu suar yang digunakan sebagai tanda batas daratan bagi kapal-kapal berbadan besar.
Samalona adalah kepulauan yang bisa dilihat jelas dari Benteng Fort Rotterdam di daerah Keling - Makassar. Mandalika hanya berjarak 500 meter dari bibir tebing Benteng Fort Rotterdam.
Pulau Samalona merupakan gugusan pulau karang yang berbentuk bundar dengan luas 2,34 hektar. Pulau kecil ini merupakan salah satu tujuan wisata bahari yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasirnya yang putih dan airnya yang jernih menjadikan pulau ini cocok untuk berjemur. Selain itu, kawasan pulau ini sangat bagus untuk menyelam (diving), karena di sekelilingnya terdapat karang-karang laut yang dihuni beraneka ragam ikan tropis yang berwarna-warni, dan biota laut lainnya.
Waktu yang paling baik untuk berwisata di Pulau Samalona adalah pada bulan Februari sampai Oktober.Berita Univpancasila

melakukan wisata bahari di samalona sangat menyenangkan pemandangan yang indah ditiap sudut pandang kita. Kecerian mudah tercipta di pulau ini, warganya yang ramah dan tempatnya yang tidak terlalu ramai membuat suasana nyaman untuk refresing sangat efektif di Samalona.

Di Bibir pantai sangat seru buat main air dan berendam di air laut yang jernih. Kita bisa melihat karang-karang dan mahluk laut disekitar pantai. Anginnya yang sepoy-sepoy dan suara gemuru air laut buat hati tenang berada di Samalona.



Berenang di laut Samalona sangat menyenangka
sepanjang pulau airnya sangat bersih dan terjaga. Namun, kadang ada mahluk laut seperti ubur-ubur datang dan membuat badan kita menjadi gatal.





Inih dia sisi lain dari samalona yang paling saya sukai. Tempatnya keren sekali, pemandangan dan suasananya seperti berada di surga. Entah apa fungsi dari pondasi yang berbentuk unik seperti yang kita liha difoto ini namun pondasi tersebut buat tempat ini unik dari Pulau samalona.
Jadi, buat yang penasaran untuk merasakan suasana wisata Bahari Samalona silahkan mengunjungi Pulau ini....
thanks
................
baca juga: Bandung ke-2 (Malino)
                Balang Lompo Island



1 komentar:

Terima Kasih