Sabtu, 21 Mei 2011

Hidup itu Pilihan,Why?

Hidup tiap orang berbeda sudut pandangnya. Allah mengijinkan kita lahir ada sebabnya tidak semata-mata pilihan kita. Sebagaimana di jelaskan dalam ayat di bawah :
“Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi”. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)” ( QS . Al-A’raaf : 172 ) 

Pilihan dekat dengan masalah
disaat segalahnya menurut kita hidup tak berpihak lagi dengan kita maka pikiran akan dibawah kemana hidup kita telah buram oleh yang namanya masalah. Masalah itu datang bagai air yang mengalir terus mengikuti arus sungai. Pilihan adalah salah satu masalah yang berujung penyesalan atau kebahagiaan, seperti yang dikatakan salah satu motivator kondang idola saya Mario Teguh bahwa
Sahabat saya yang merindukan kebebasan hidup,

Kekuatan jiwa adalah masalah keputusan.

Anda memutuskan untuk kuat, atau tidak.
...
Itu pilihan Anda. Bukan pilihan orang lain.

Jangan harapkan orang lain yang akan memutuskan
apa yang harus Anda hidupi dengan berani.

Ini kehidupan Anda.

Keputusan kehidupan adalah keputusan pribadi.

Putuskanlah dengan berani,

Karena,

Keberanian adalah bukti dari iman.

Mario Teguh
inilah yang selalu kita lupakan dalam pilihan yang sedang kita alami, dan pilihan itu adalah bagian dari hidup. Jika kau menghindari pilihan itu maka kau telah memilih, namun sesungguhnya pilihan mu itu salah, karena menghindari pilihan adalah menghindari hidup dan takdir yang kau inginkan dan kita telah membuat takdir baru. 
Pilihan-pilihan yang tersedia  akan memaksa kita untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk bisa bertahan atas apa yang kita tuju. Tak mudah memang, namun setidaknya, keinginan untuk mencoba dan melawan konsekuensi atas pilihan-pilihan tersebut telah membuat kita menjadi bagian dari individu-individu tangguh yang mencoba bertanding melawan dunia. Karena ternyata, banyak juga orang-orang yang tidak berani untuk mengambil pilihan-pilihan yang ada di depannya. Bisa saja karena mereka enggan untuk memilih, atau mungkin karena mereka belum memahami, bahwa sejatinya hidup adalah rangkaian-rangkaian pilihan.
Maka memilih, dalam suatu kurun waktu tertentu. Tentu akan sangat sulit buatmu. Kita bisa benar-benar menghabiskan waktu untuk berpikir secara jernih atas keputusan-keputusan yang kita ambil. Atau bahkan kita melewati ribuan detik yang berlalu dengan hanya berpatokan kepada resiko-resiko yang terjadi. Namun satu hal pasti dan -kiranya- perlu kita tanamkan di dalam diri.

2 komentar:

  1. betul banget..life is all about choosing... **maklum abis makan keju*** :D

    meninggalkan komentar di blog ini juga merupakan pilihan :)

    yang pasti, mesti siap dengan konsekuensi dari apa yang kita pilih

    BalasHapus
  2. yup... hidup memang adalah pilihan.

    kita akan selalu dihadapkan dengan pilihan.

    tidak ada yang salah dengan setiap pilihan yang kita pilih. tapi bagaimana menjalankan tiap pilihan kita dengan konsisten, itu yang sulit.

    untuk semua, selamat menjalani pilihan masing masing....

    BalasHapus

Terima Kasih