Minggu, 29 Mei 2011

Workshop KTI HMJ UIN Alauddin Makassar

Workshop KTI hari ke-2


Workshop KTI yang diadakan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang berlangsung tidak cukup sehari.
Untuk merefreskan kembali ingatan teman-teman atau yang belum baca postingan sebelumnya bisa ke Workshop Karya Tulis Ilmiah untuk langsung ke TKP sebelum lanjut membaca postingan ini hehehe


Setelah sempat disinggung sebelumnya, bahwa karya tulis ilmiah untuk memenuhi tugas-tugas perkuliahan, yaitu makalah dan laporan bab atau laporan buku. Lalu kedua karya tulis ilmiah yang merupakan syarat yang dituntut dari mahasiswa ketika akan menyelesaikan program studi, yaitu Skripsi (untuk S1), Tesis (untuk S2), Disertasi (S3  para pemateri berinisiatif untuk memberi tugas dan kesempatan bagi peserta untuk membuat KTI dalam bentuk makala serta mempresentasikannya untuk dibahas bersama-sama.

Ternyata antusias peserta sangat besar untuk mempresentasikan makalanya, baik yang masih pelajar maupun mahasiswa yang akan menyusun skripsi dan tesisnya. Setiap peserta yang mempresentasikan makalanya langsung dibahas bersama-sama oleh ketiga pemateri dan peserta yang ingin bertanya atau mengkoreksi makala.

Setelah beberapa peserta mempresentasikan makalanya ternyata masih banyak hal yang perlu dikoreksi dan masih banyak hal yang perlu diketahui oleh semua orang saat ingin menyusun karya tulis ilmiah. Dari segi bahasa ternyata menjadi masalah yang terus berulang dialami oleh seseorang yang menyusun KTI, jadi mesti kita ketahui betul mengenai ejaan yang disempunakan (EYD) bahasa Indonesia. Teknik penulisan KTI juga tergantung oleh sistem yang diterapkan oleh universitas masing-masing.

Serangkaian acara workshop yang dilaksanakan  lebih spesifik pada pelatihan langsung bagi para peserta agar betul-betul memahami kekurangan serta pengetahuan sebelumnya tentang KTI. Akhir acara panitia menutup acara workshop dengan kuis dari sponsor sebagai tanda terima kasih.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih