Jumat, 03 Juni 2011

BEKICOT (Achatina fulica)

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
filum      : Molusca
kelas     : gastropoda
Superfamili : Achatinoidea
Famili       : Achatinidae
Upafamili : Achatininae
Genus  : Achatina
Upagenus  : Lissachatina
Spesies : A. fulica
nama binominal : Achatina fulica

Sejara Bekicot

Bekicot berasal dari Afrika Timur, tersebar keseluruh dunia dalam waktu relatif singkat, karena berkembang biak dengan cepat. Bekicot tersebar ke arah Timur sampai di kepulauan Mauritius, India, Malaysia, akhirnya ke Indonesia. Bekicot sejak tahun 1933 telah ada disekitar Jakarta, sumber lain menyatakan bahwa bekicot jenis Achatina fulica masuk ke Indonesia pada tahun 1942 (masa pendudukan Jepang). Sampai saat ini, bekicot jenis Achanita fulica banyak terdapat di Pulau Jawa.
 Ciri-ciri

›kerucut dari tabung yang melingkar seperti konde (gelung, whorl).
›Puncak kerucut merupakan bagian yang tertua, disebut apex.
›Sumbu kerucut disebut columella.
›Gelung terbesar disebut body whorl dan gelung-gelung di atasnya disebut spire (ulir).
›Alat indera pada keong meliputi mata, tentakel, osphradia dan statocyt.
›berkaki lebar dan pipih pada bagian ventral tubuhnya.
›bergerak lambat menggunakan kakinya.
Morfologi
 Anatomi


Struktur tubuh
 
oUkuran dan bentuk mollusca sangat bervariasi.Misalnya siput yang panjangnya hanya beberapa milimeter dengan bentuk bulat telur.Namun ada yang dengan bentuk torpedo bersayap yang panjangnya lebih dari 18 m seperti cum-cumi raksasa.
oKaki merupakan penjulur bagian ventral tubuhnya yang berotot.Kaki berfungsi untuk bergerak merayap atau menggali.Pada beberapa molluska kakinya ada yang termodifikasi menjadi tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsa.
Sistem pencernaan 
Sistem pencernaan Bekicot lengkap terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus.Ada pula yang memiliki rahang dan lidah pada Bekicot tertentu.Lidah bergigi yang melengkung kebelakang disebut radula.Radula berfungsi untuk melumat makanan.
terdiri dari cincin saraf yang nengelilingi esofagus dengan serabut saraf yang melebar.
Sistem Reproduksi 
Bekicot bereproduksi secara seksual dan masing-masing organ seksual saling terpisah pada individu lain.Fertilisasi dilakukan secara internal dan eksternal untuk menghasilkan telur.Telur berkembang menjadi larva dan berkembang lagi menjadi individu dewasa.
Sistem Respirasi
Bekicot yang hidup di air bernapas dengan insang.Sedangkan yang hidup di darat tidak memiliki insang.Pertukaran udara mollusca dilakukan di rongga mantel berpembuluh darah yang berfungsi sebagai paru-paru
 Sistem Ekskresi
Organ Ekskresi berupa sepasang nefrida yang berfungsi sama dengan ginjal
  Jenis-Jenis bekicot
1. Red Slug (Arion Rufus)
2. Red Triangle Slug (Triboniophorus graffei)
3. Banana Slug
4. Bielzia coerulans
5. Deroceras sturanyi
6. Ghost
Slug
7. Black Slug (Arion ater)
habitat
hidup di air laut, tawar, darat dan sebagian hidup sebagai parasit
Nilai Gizi
Creswell dan Kopiang (1981) merinci komposisi kimia bekicot, ternyata dagingnya memang kaya protein. Cangkang bekicot kaya kalsium, dan dalam daging tersebut masih terdapat banyak asam-asam amino.
   Sumber data lain menunjukkan banyak kandungan bekicot seperti, protein sekitar 12 gram per 100 gram dagingnya, lemak 1%, hidrat arang 2%, kalsium 237 mg, fospor 78 mg, Fe 1,7 mg serta vitamin B komplek terutama vitamin B2.
kandungan asam amino daging bekicot cukup menonjol. Dalam 100 gr daging bekicot kering antara lain terdiri atas leusin 4,62 gr, lisin 4,35 gr, arginin 4,88 gr, asam aspartat 5,98 gr, dan asam glutamat 8,16 gr. Dan ternyata daging bekicot mengandung bakteri salmonella.
Manfaat 
Selain pakan ternak bekicot merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi karena mengandung asam-asam amino esensial yang lengkap. Masyarakat yang menggemari makanan dari bahan baku bekicot (sate bekicot, keripik bekicot ) adalah masyarakat Kediri. Disamping itu bekicot juga kerap dipakai dalam pengobatan tradisional, karena ekstrak daging bekicot dan lendirnya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti abortus, sakit waktu menstruasi, radang selaput mata, sakit gigi, gatal-gatal, jantung dan lain-lain. Sedangkan kulit bekicot sangat mujarab untuk penyakit tumor. Sejenis obat yang dikenal berasal dari kulit bekicot, dinamakan Maulie., yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kekejangan, jantung suka berdebar, tidak bisa tidur/insomania, leher membengkak dan penyakit kaum wanita termasuk keputihan
Peluang Bisnis 
Daging bekicot merupakan komoditi eksport yang menjanjikan, karena harganya yang cukup mahal dipasaran internasional. Pada periode Januari-Juli 1988 harga ekspor daging bekicot US $ 1,82 per kg. Hal ini menyebabkan menculnya Peternakan Inti Rakyat (PIR) dengan komoditi bekicot. Kini telah banyak berdiri perusahaan-perusahaan pengelola daging bekicot, yang dapat memperlancar pemasaran pasaran sebagai komoditi eksport




Sumber data :
Buku Cambel edisi ke-2
Buku Mudah dan Cepat Menghafal Biologi
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih