Sabtu, 16 Juli 2011

Pantai BontoBahari

Kegiatan Praktikum lapangan Mahasiswa Biologi semester II. Bertempat di pantai Kabupaten Bulukumba Kecamatan Bontobahari Kelurahan Tanah lemo





Foto ini diambil pada pukul 17.00 tepatnya di bibir pantai. Terlihat air sudah surut.
Pasang laut adalah naik atau turunnya posisi permukaan perairan atau samudera yang disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari. Ada tiga sumber gaya yang saling berinteraksi: laut, matahari, dan bulan. Pasang laut menyebabkan perubahan kedalaman perairan dan mengakibatkan arus pusaran yang dikenal sebagai arus pasang, sehingga perkiraan kejadian pasang sangat diperlukan dalam navigasi pantai. Wilayah pantai yang terbenam sewaktu pasang naik dan terpapar sewaktu pasang surut, disebut mintakat pasang, dikenal sebagai wilayah ekologi laut yang khas.


Periode pasang laut adalah waktu antara puncak atau lembah gelombang ke puncak atau lembah gelombang berikutnya. Panjang periode pasang surut bervariasi antara 12 jam 25 menit hingga 24 jam 50 menit. Rumput laut terlihat di mana-mana, hewan laut banyak terjebak. Kepiting banyak bersembunyi dalam lubang yang mereka buat pada pasir putih.



Pada praktikum lapangan, selain meneliti zoologi dari hewan yang termasuk invertebrata, peserta praktikum juga mengukur kadar garam air laut pantai bontobahari dengan menggunakan alat ukur yang disebut Salinitas. Bentuknya seperti termometer, memiliki skala dari 0-100. Cara menggunakannya sederhana, cukup mencemplungkannya ke air laut dan benda itu akan mengapung. Lihat angka yang ditunjukkan pada permukaan air laut.





Suasana Praktikum, kami mencari spesies laut yang banyak di pantai. Terlihat peserta praktikum sibuk dengan mencari spesies laut yang termasuk hewan Invertebrata.





Ini adalah gambar ikan hiu yang terdampar.





Pasir putih yang lembut kering tak tersapuh air laut. Penghuni laut seperti bintang laut, bulu babi, kepiting, serang, terlihat jelas.






Panorama pantai pada saat matahari mulai tenggelam. Para nelayan tidak bisa berangkat sebelum air laut mulai kembali naik karena banyak kapal terjebak pada pasir pantai yang surut.













2 komentar:

  1. I have a dream in my future to make an option for my student in making report :
    1. formal report, it usually you make in our institute.
    2. free report.your way of report this environment is a nice example.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas apresiasinya Pak, menjadi spirit yang luar biasa atas dukungan dari bapak Dosen ^___^

      Hapus

Terima Kasih