Minggu, 07 Agustus 2011

Bingkang Doang


Makanan yang satu ini khas Makassar, sekarang sudah jarang dijumpai. Jajanan semasa kecil yang terbuat dari  tepung, garam dan penyedap rasa tapi yang buat jajanan satu ini beda dari jajanan lain adalah udangnya.
Hampir-hampir mirip dengan jajanan bakwan, tapi Bingkang doang lebih sederhana dan rasanya sudah pasti beda karena adonannya diberi air kukusan udang. Walau sederhana tapi rasanya Istimewa menurut saya. Selain itu tampilan di atasnya ada udang seekor utuh heheh makanya disebut bingkang doing dari bahasa makassarnya Udang yaitu Doang.
Jajanan gorengan ini sudah mulai susah ditemui, saya saja harus keliling mencari tau ditempat mana yang masih jual jajanan gorengan khas Makassar ini. Karena ini bulan special tentu saat seperti ini keinginan menyantap makanan yang lagi diidamkan untuk dimakan jadi prioritas utama walau jauh dan susah. Alhamdulillah ternyata masi ada warung yang menjualnya. Makanan ini betul-betul special sekarang ini, banyak yang ngantri dan harus pesan terlebih dahulu sungguh tak ku sanggka ternyata banyak orang yang sama seperti saya yang masih ingat makanan  satu ini. Saya kira makanan jungfood sekarang ini sudah mengalahkan memori seseorang untuk kembali menyantap makanan tradisioanal nan sederhana.
Keberadaannya yang sedikit terlengserkan oleh makanan baru ala kebarat-baratan tak membuat saya urung untuk ingin menggeser dan tak mengakui kelesatan makanan ini. Kembali ke kenangan masa lalu makanan ini jadi favorit saat masi SD sampai sekarang wlau sedikit terlupakan. Dimakan dengan sambel kuah adalah pasangan paling mantap buat jajanan yang satu ini. Suatu saat nanti akan aku perkenalkan ke daerah lain makanan yang satu ini, di jamin lidah nga bakalan lupa dengan rasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih