Minggu, 04 September 2011

Novel Anonim My Hero Tua Penuh Inspiratif

Don’t  follow the leader..don’t follow the leader...don’t follow the leader. Ya Tuhan sembuhkanlah Indonesia kami!

Anonim My Hero judul novel Sunardia yang penuh kritikan nasional. Dicetak pertama kali pada bulan Februari 2004 dan diterbitkan oleh Galangpress.
Anonim my hero adalah sebuah novel yang cerewet tentang masalah nasional di Indonesia dan melibatkan banyak nama. Jika zaman orde baru yang keropos, Soeharto sebagai aktor dominan , maka zaman yang didominasi banyak aktor dengan ketidak jelasan agenda masa depan mereka tentang indonesia.

Sebuah novel yang dipenuhi dengan nama-nama yang acap kita dengar dan lihat langsung atau lewat media massa. Ada banyak nama yang ditulis dalam cerita ini dan kebanyakan bukan nama-nama fiksi, melainkan nama-nama sebenarnya. Sekalipun demikian ini adalah sebuah cerita fiksi, sebuah rekaan Sunardian sang penulis dongeng menjelang dan bangun tidur tentang indonesia dalam situasi transisi.

Setelah membaca nove ini saya berkesimpulan kalau bisa jadi, ini sebuah novel yang ditulis dengan penuh kemarahan dengan banyak kritikan pedas tentang berbagai  situasi sosial politik, budaya, sistem, nama-nama yang ada di Indonesia. Namun seperti yang dikatakan pada halaman pengantarnya, novel ini ditulis karena cinta yang mendalam terhadap negara dan bangsa Indonesia.

Anonim my hero bercerita mengenai perjalanana hidup seorang lelaki yang berprofesi sebagai pencari berita untuk situsweb Anonim.com. Situs tersebut berisi tulisan-tuisan berita apa saja tentang Indonesia. Banyak dari berita yang ia susun dianggap subversib. Ia tanpa kompromi, bahkan dengan sinis mengejek-ngejek, bagaimana prakmatisme orang Indonesia dalam berbagai hal, politik, ekonomi, pengetahuan, kebudayaan dan agama. Anonim.com dikenal sebagai situs Underground yang berisi wawancara eksklusif, blak-blakan bahkan untuk hal-hal yang sangat krusial. Beritanya disebar luaskan hingga ke dunia Internasional. Atas keberaniannya membuat kontrofersi dari berita-beritanya, ia mendapatkan banyak masalah dalam hidupnya hingga harus dikejar-kejar pembunuh bayaran, polisi hingga menjadi buronan interpol karena dituduh mata-mata CIA. Ia juga berani membobol account milik orang yang tidak dikenalnya untuk digunakan tanpa diketahui, rekening beberapa orang terkaya di bobolnya lewat keahliannya memainkan data komputer di dunia maya.

Di bumbuhi kisah percintaan yang sangat pelik antara Anonim, Dewilailatul si gadis modis, Izumi wartawan dari jepang, Isye si pelacur, Nina tante kesepian dan beberapa pelacur sewaannya. Berbagai sisi gelap Anonim tidak semata-mata menutup pintu hatinya untuk saling membantu orang yang tidak mampu. Hidupnya penuh pencarian setelah jauh dari orang tua dan tempat asalnya. Novel ini menceritakan sebuah peran untuk banyak orang, lewat sebuah perjuangan, nama buka apa-apa. Lewat kutipan novel ini “ Pahlawan kita adalah yang tidak bernama, ialah diri kita sendiri. Anonim my hero...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih