Jumat, 18 November 2011

Hijab Terpuruk

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Hijab atau ħijāb (bahasa Arab: حجاب ) adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti penghalang. Tetapi kata ini lebih sering mengarah pada kata "jilbab". Tetapi dalam ilmu islam hijab tidak terbatas pada jilbab saja, juga pada penampilan dan perilaku manusia setiap harinya.

Sumber:shvOOng.com

Seperti kutipan diatas saya sangat setuju dengan kata hijab bukan saja terbatas pada penampilan tapi juga pada perilaku. Hijab bukan pembungkus tapi penutup aurat. Hijab bukan kedok islami tapi merupakan identitas muslimah. Banyak sekarang ini artis mengaku berhijab namun tak sesuai syariat. Hijab dibuat sedemikian indah dan menarik namun penyampaian hijab sesungguhnya tak sampai pada diri mereka masing-masing.
 
Hijabers, begitu mereka bangga menyebut mereka para pengguna Hijab namun tak mengerti sedikitpun mengenai hijab. Sebagian besar perancang busana di negeri kita hanya mengutamakan dari segi style tapi tak mengutamakan hakikat hijab. Sangat luar biasa perkembangan hijab saat ini. Semakin banyak variasi hijab, cara menggunakannya bermacam-macam. Memperindah menyerupai kepang, rambut terurai bahkan adapula yang menyerupai seorang biarawati. 
 
ياَ أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ المُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلاَبِيبِهِنَّ ذَلِكَ أدْنَى أنْ يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ

"Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu.” (Q.S. Al-Ahzab: 5)

dari kutipan ayat diatas menjelaskan pula bahwa hijab diperintahkan oleh nabi agar para wanita terjaga dari hal buruk, namun saat ini terlihat hijab hampir menyerupai fungsi penutup kepala semata. Bukan lagi sebagai penutup aurat karena tak menutupi lagi seluruh tubuh. Sebagai besar hanya berfikir apabila rambut mereka tak lagi kelihatan itulah hijab, persoalan mengenai pakaian dari bahu hingga telapak kaki tak ada lg bedanya dengan wanita tak berhijab.
 
Akhir kata yang ingin saya sampaikan, bahwa ini bukan kemajuan Hijab tapi ini adalah keterpurukan Hijab. Mari kita merenung ukhti.

1 komentar:

Terima Kasih