Rabu, 02 November 2011

Potret In House Trainning Journalistik 2011

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.....

Kewartawanan atau jurnalisme (berasal dari kata journal), artinya catatan harian, atau catatan mengenai kejadian sehari-hari, atau bisa juga berarti suratkabar. Journal berasal dari istilah bahasa Latin diurnalis, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik.

Sudah setahun lamanya aku bergabung dengan dunia kejurnalistikan, walau di perguruan tinggi sekarang mengambil jurusan Sains Biologi namun jiwa pencari beritaku selalu aku asah. Jurnalistik seperti panggilan jiwaku, saat mendapati suatu kejadian yang menurutku layak di sebarkan ke orang banyak menjadi insting yang tak terelakkan ku penuhi.

Di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Washilah aku memenuhi hasrat tersebut dan disinilah aku berproses. Walau tak mendapat ilmu langsung dari jurusan seperti teman-temana yang memang mengambil ilmu kejurnalistikan tak membuat semangatku kalah.

Sedikit share mengenai kegiatan Washilah yang baru-baru dilaksanakan yaitu In Hous Trainning Journalistik 2011 dan kegiatan apa saja yang dilakukan.

Pada kegiatan In hous trainning journalistik washilah mengundang beberapa pemateri yang handal di bidangnya. Mereka merupakan para pelaku jurnalistik yang aktif di media lokal maupun nasional. 


Selain mendapatkan materi dan pengalaman kejurnalistikan dari para narasumber, peserta juga diajak mengunjungi redaksi media cetak Tribun Timur dan Fajar untuk mengetahui proses pembuatan berita secara langsung mulain dari pencarian berita hingga kepercetakan.


kunjungan ke redaksi Media Tribun Timur Makassar

kunjungan ke redaksi Media Fajar

Suasana di percetakan koran harian Fajar
Dari serangkaian kegiatan, yang paling penting adalah agenda pencarian berita dan pembuatan tabloid untuk para peserta yang diturunkan langsung ke titik-titik keramaian kota Makassar pada malam hari.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih