Jumat, 03 Februari 2012

Menyusuri Hutan Bengo-Bengo Maros

Menjelajahi Hutan Pendidikan Bengo-bengo milik Universitas Hasanuddin (Unhas) di Desa Lima Poccoe,Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros,punya banyak sensasi petualangan yang menyenangkan. Pemandangan yang indah, keanekaragaman tumbuhan, perjalanan yang seru dengan suasanan sejuknya pepohonan pinus di sepanjang perjalanan.




Hutan ini tak jauh dari pemukiman warga. Awal masuk hutan jalanan masih bagus untuk dilalui, namun saat mengambil arah menyusuri dalam hutan kita mulai menemukan kesulitan untuk berjalan. Kita harus mendaki dan berhati-hati saat berjalan karena permukaan jalan tak rata dan banyak tanjakan saat menyusuri ke dalam hutan.




Setelah mendaki, kita akan menemukan jalanan rata yang ditumbuhi banyak pohon pinus tinggi. Di bagian ini kita mulai jauh dari pemukiman warga sehingga suasananya tenang dan matahari sulit untuk terlihat jelas.




Setelah menemui jalanan rata dengan pepohonan pinus disekililingnya, perjalanan selanjutnya kita harus menjalani jalan menurun untuk selanjutnya kita kembali mendaki untuk jalanan datar lainnya. Terlihat pada foto di bawah ini sawah di antara daratan rata di hutan bengo-bengo.


Bagian ini kita akan mendapati sejumlah kuda peliharaan warga yang menambah keindahannya. Di tempat ini juga terlihat arena rintangan seperti papan panjat, jaring panjat, dan flying fox yang masih tahap pengerjaan.



Ada beberapa bagian yang dibanguni arena petualangan tambahan yang menguji nyali saat mencobanya. Seru untuk di coba tapi aku tidak punya cukupnya nyali untuk memanjat sampai pertengahan pohon pinus yang tinggi heheh.




Hutan ini di kelolah penuh oleh pihak Universitas Hasanuddin hingga perizinan untuk praktikum lapangan ke hutan ini wajib menyurat ke Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin. Namun hutan ini tetap milik negara sepenuhnya.






Lelah mendaki tanjakan dan menuruninya, namun keindahan dan kesejukan hutan bengo-bengo bisa membayarnya. Pengalaman penuh keseruan sambil belajar banyak spesies tumbuhan membuat perjalanan kami tambah seru. Di hutan ini sangat lengkap spesies tumbuhan tingkat rendah, mulai dari alga, jamur, lumut dan tumbuhan pakunya.



Sesekali kami instirahat, duduk di potongan kayu dengan memandangi pemandangan hijau, sejuk dan damai di hutan ini. Tidak menyesal dhee bisa ke hutan bengo-bengo.



Profil Penulis

Mahasiswa jurusan Biologi Sains di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar angkatan 2010 yang sekarang sudah semster III. Senang traveling apalagi di alam terbuka. Suka mendaki menjelajahi hutan dan pegunungan. Kali ini ikut rombongan praktikum lapangan Tumbuhan Tingkat Rendah di Hutan Pendidikan Bengo-bengo.

Lihat juga petualangan di

2 komentar:

Terima Kasih