Sabtu, 10 Maret 2012

Merintis Biosense

Sejenak raga ini bertanya, apa yang dapat aku  hasilkan untuk banyak orang. Coba ku mencari sesuatu yang mungkin bisa aku kembangkan. Tidak perlu jauh-jauh dulu aku ingin menghasilkan sesuatu untuk jurusanku sekarang.
Permasalahan yang aku dapat di Biologi Sains UIN Alauddin adalah jurusan ini belum populer karena masih baru. Paling miris saat selesai mewawancarai pejabat-pejabat kampus mereka selalu bertanya seperti ini

"kau mahasiswa mana nak?"
aku menjawab "Mahasiswa Biologi Ustad"
"oow Biologi pendidikan yha?"
"Hmm bukan ustad, saya dari Fakultas Sains dan Teknologi"
(di Uin Dosen atau pejabat lulusan agama biasa dipanggil Ustad )

Tidak hanya sekali tapi setiap pejabat yang aku wawancarai selalu mengira Biologi itu cuma ada satu yaitu pendidikan saja atau kalau di UIN biasa disebut Tarbiah. Hmm..dari pengalaman-pengalamku tadi aku menyimpulkan kalau Sains Biologi itu belum banyak dikenal orang. Sebagai salah satu mahasiswa Biologi, saya merasa perlu merubah keadaan tersebut.

Karena aku juga aktif di LPM (lembaga pers mahasiswa) di UIN yang tabloidnya bernama Washilah membuat aku berinisiatif untuk mempublikasikan Sains Biologi lewat publikasi media massa. Muncullah ide untuk merintis sebuah buletin. Aku makin semangat mengerjakan buletin tersebut, hal ini  juga karena setelah melihat panflet BIOMA dipasang di mading. Bioma adalah LPM dari Himpunan jurusan biologi di UNM. Di UIN jurusan Biologi , LPM? buletin saja belum ada."Kalau mereka bisa kenapa kami tidak" dalam hati berkata jurusanku juga harus punya LPM nantinya. Bersama Seniorku kami beri nama Buletin kami "BIOSENSE".

Aku sadar ini bukan pekerjaan mudah, tapi kalau buka sekarang kapan lagi, kalau buka saya siapa lagi!!.
Ditengah rutinitas lain, aku yang juga tak banyak waktu membuat susah untuk konsetrasi membuatnya. Aku sempat lupa dengan cita-citaku ini tapi Alhamdulillah orang-orang disekitar ku yaitu keluarga besar himpunan selalu mendukung dan mendesak untuk mewujudkannya.



Alhamdulillah 27 Februari menjadi saksi atas keinginanku untuk membuat ide-ide menjadi nyata dan dipublikasikan terwujud. 100 eksplar diprint warna dan dibagikan di tiap gedung Fakultas Saintek. Di sisi lain dari rasa bangga ada pula rasa kecewa saat sebagian pembaca tidak meghargai kerja keras kami dengan menyia-nyiakan buletin kami. Berat rasanya perasaan kami melihat Buletin yang dikerjakan dengan tak mudah hanya dijadikan sampah. Serasa kerja keras kami yang diinjak dijadikan sampah. Namun hal itu tidak kami jadikan arang yang cepat menghanguskan semangat tapi menjadi api semangat untuk membuat terbitan kedua.




Seminggu setelah penerbitan perdana kami, Pembantu dekan III mendesak kami dan memberi semangat untuk terus terbit. Dua minggu berikutnya ada kabar lebih menggembirakan, Biosense mulai didengar oleh Dekan dan Pembantu Rektor III. Bukan hanya didengar terbit tapi menjadi perhatian mereka saat menjadi bahan diskusi disalah satu pertemuan pejabat kampus. Biosense disebut sebagai hasil kreatifitas mahasiswa yang perlu dikembangkan karena merupakan bukti salah satu kemajuan mahasiswa. Luar biasa, awalnya tidak percaya mendengar perkataan seniorku yang hadir saat itu dan ikut diwawancarai.


Kepercayaan akan kebanggan hasil dari Biosense baru aku yakini saat hari ini 10/03/2012 acara Upgreading. Ibu Fatmawati ketua jurusan kami di Biologi dalam pembukaan acara mengatakan sangat bangga dengan hasil dari Biosense. Hal tersebut dikarenakan pada saat peristiwa datangnya tamu asing dari Kanada datang ke Fakultas Saintek, Dekan kami sangat tertolong oleh Buletin Biosense. Biosense adalah media massa pertama yang ada di Fakultas Saintek. Ibu Fatmawati menyampaikan rasa terima kasih dan rasa bangga Dekan kami dan membuat Ibu Fatmawati juga merasakan demikian. Rasa lelah kemarin-kemarin rasanya luntur seketika. Walau saat Ibu Fatmawati berbicara saya belum hadir hehe tapi rasa senang itu muncul saat teman-teman memberi selamat. Teman-temanku juga tau dan juga menjadi saksi kerja kerasku. Rasa lelah berpikir, mengedit, perihnya mata di depan laptop, melobi untuk wawancara, menyusun kata, mencari judul berita semuanya menjadi semakin menarik.


Thanks Allah Aku sangat Bahagia!!
Ini mungkin hanya kerja kecil
namun niat baik
keinginan kuat
harapan besar
dan untuk banyak orang
hanya ini yang dapat aku lakukan
aku senang orang bahagia
aku bangga bisa berguna
lewat karyaku tak mudah aku lalui
tapi ikhlasku membuat ini semakin menarik
ini menginspirasiku untuk membuat yang lebih besar lagi
aminnn!!!

1 komentar:

Terima Kasih