Senin, 23 April 2012

Waspada Terhadap Postingan Internet

Kemarin tepatnya hari Senin (23/04/2012) saya sangat senang bisa ikut Akademi berbagi Makassar. Kelas malam itu mengangkat tema menarik tentang Pedoman Pemberitaan Media Siber (Cyber) dengan guru dari Anggota Dewan Pers, Chief Editor News and Current Affairs ANTV yaitu mba Uni Lubis. Malam itu Suasana terasa santai berdiskusi dengan mba Uni membicarakan tentang Kenapa perlu memahami aturan main pemberitaan di media online? Saat ini, siapa saja dan apa saja bisa menjadi berita dengan adanya internet apalagi kemudahan mengakses internet lewat jempol (mobile gadget). Melek internet penting disertai melek hukum, agar kita tidak mudah terjebak akibat kegemaran kita menyebarkan berita lewat internet. Dari kelas kemarin ada beberapa hal yang saya sangat perhatikan tentang masalah pemberitaan yang saat ini kita semua mampu melakukannya dan sangat dekat dengan keseharian kita .


Di era globalisasi kini teknologi terus berkembang pesat. Perkembangannya juga diikuti oleh berbagai macam alternatif yang membantu segalah kegiatan masyarakat. Banyak hal yang dapat diberikan teknologi saat ini untuk menunjang dampak perkembangannya. Entah yang mana terpengaruhi, kegiatan manusiakah terhadap teknologi atau teknologi terhadap hidup manusia. Salah satu contoh yang saat ini sangat mencolok di kehidupan masyarakat  adalah media internet. Sekarang pengguna media internet terus berkembang, banyak orang mulai melirik potensi yang diberikan. Teknologi saat ini juga mulai mengutamakan kecepatan dan kemudahan mengakses untuk masuk ke dunia maya. Tak tanggung-tanggu sejalan dengan waktu media ini makin di gandrungi masyarakat. Bukan hanya satu elemen masyarakat tapi mulai merasuki setiap elemen masyarakat untuk mulai melirik di dunia maya. Ekonomi, kesehatan, pendidikan, politik dan sebagainya sudah bisa didapatkan dengan cepat di internet. Melalui media sosial, media siber, dan media lain kita mampu menikmati kemudahan dan kecepatan dalam mengakses sesuatu yang kita inginkan. Gambar, berita, video segalah informasi bisa dengan mudah kita dapatkan. 


Namun, segalah kemudahan tersebut tak semata-mata dinikmati tanpa adanya ancaman atau kasus-kasus negatif yang mengikutinya. Hukum berlaku di mana saja tanpa terkecuali di dunia maya. Ternyata   selain banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari internet banyak pula yang merasakan kerugian dari media tersebut. Dirugiakan secara moral, etika, keuangan dll sering terjadi. 


Salah satu kasus yang pernah hebo di Indonesia adalah kasus Prita yang curhat tentang ketidak puasannya terhadap pelayanan di salah satu rumah sakit swasta. Walau niat awal Prita hanya untuk mencurahka kekesalan hati namun ternyata akibatnya fatal. Ia harus melalui seretetan gugatan dan sanksi yang di berikan oleh pengadilan karena dilaporkan oleh pihak rumah sakit tersebut. Contoh lain seorang wartawan kota Pare-pare Sulawesi Selatan, ia memposting link berita yang ternyata berita tersebut memuat tentang pejabat negara yang merasa dirugikan oleh pemberitaan yang pejabat tersebut merasa dirusak nama baik, namun ternyata media massa yang memuat berita tersebut tidak dituntut.


Membuat dan menyebar luaskan sebuah pemberitaan hampir sama berat hukuman yang akan diterima. Fatal bagi pengguna media internet yang tak tau tentang perlunya kehati-hatian tersebut. Saya pun sebagai salah satu pengguna Blog yang alhamdulillah cukup rajin memposting merasa perlu berhati-hati. Apalagi menulis berita menyangkut seseorang, lembaga, organisasi dan lain-lain yang sifatnya tak berimbang bisa menimbulkan konflik karena merasa pemberitaan kita tentang mereka salah. Media internet sangat mudah disebar luaskan. Dengan cepat beberapa pengguna mampu melihatnya bahkan membagi kesemua orang. Bukan cuma pengguna Blog menurut saya yang harus berhati-hati, media seperti Twitter dan Facebook yang saat ini memiliki banyak pengguna juga mesti diperhatikan. Saat membaca suatu artikel, berita, gambar maupun video anda jangan dengan mudah memutuskan untuk ingin menyebar luaskannya karena bisa jadi berita tersebut belum terbukti kebenarannya. Kita bisa terkena sanksi pidana karena ikut menyebar luaskan berita yang belum terverifikasi.


Terkait masalah-masalah yang ditimbulkan oleh media internet, kita sebagai pengguna harus pintar-pintar untuk menggunakannya. layaknya kita datang ke suatu tempat yang bukan hunian kita, sangat perlu kita mencari tau terlebih dahulu tentang daerah tersebut. Adab, hukum dan sanksinya kita perlu ketahui agar bisa selamat dan betah di daerah tersebut.


Adapun beberapa link yang InsyaAllah bisa membantu kita untuk lebih tau tentang masalah tadi dan pedoman yang saya rasa perlu kita ketahui sebagai pengguna media sosial dan siber di dunia maya.
Pedoman Pemberitaan Media Siber
Pertanyaan Penting di Balik Etika Media Digital

4 komentar:

  1. yup saya setuju, kita harus berhati2 dalam daam menulis satu informasi, nice share keep blogging

    BalasHapus
  2. iya mba muti, Bloof juga kedepan perluh ada perlindungan hukum kayaknya heheh

    BalasHapus
  3. wawww kegiatan bagus nih,kok nda ajak saya ding^_^

    BalasHapus

Terima Kasih