Selasa, 22 Mei 2012

Jamu Warisan Masa Depan yang Terlupakan


Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga dalam hidup manusia. Sebagian orang sadar akan pentingnya nilai kesehatan dan sebagiannya pun lupa. Kadang kegiatan kita sehari-hari tidak memperhatikan kesehatan. Walau semua tau sehat itu sangat bernilai mahal. Sehat jiwa dan raga sangat diperlukan manusia untuk terus produktif dalam kehidupan. Agar dapat melanjutkan hidup manusia perlu terus beraktivitas dan hal itu sulit apabila kita tidak dalam keadaan sehat.

Saat ini terhitung data di kemetrian dalam negeri,  Indonesia memiliki jumlah penduduk terakhir 31 Desember 2010 mencapai 259.940.857. Dari jumlah tersebut terhitung sebanyak 80 juta warga dalam keadaan miskin dan sulit berobat ke rumah sakit. Paling parahnya banyak diatara mereka tidak sanggup membeli obat walaupun di warung. Mahalnya biaya berobat menjadi kendala yang sering menjadi keluhan mereka. Bukan hanya biaya berobat ke dokter untuk sekedar membeli obat saja mereka sering mengeluhkan harganya.

Pemerintah memang telah memproduksi obat generic yang diharapkan mampu dijangkau oleh warga kurang mampu, namun khasiat dari obat generic kadang tak memuaskan. Banyaknya kandungan kimia kadang tak baik untuk kelanjutan kesehatan para penderita. Banyak efek samping yang ditimbulkan oleh obat-obat tersebut karena mengandung bahan kimia.
Masalah efek samping obat bukan hanya di alami oleh rakyat miskin tapi rakyat yang terhitung berkecukupan juga banyak mendapati gejala efek samping dari obat-obatan.
Gaya hidup dan lingkungan yang kurang sehat sebagai pemicu utama terkenanya penyakit pada manusia. Penanganan kesehatan dari dokter yang menyarankan mengkonsumsi obat-obatan kimiawi tak jarang ditemui efek samping yang akan berdampak lebih buruk bagi kesehatan. Contohnya saja antibiotic, antibiotic menghambat penyakit flu bukan mengobati. Cara yang ditempuh oleh antibiotik dalam menekan bakteri penyakit dapat bermacam-macam, antibitik hanya mampu menekan dan apabila terus berlanjut makan bakteri dalam tubuh yang sudah terbiasa mendapatkan antibiotik akan semakin mempan oleh obat antibiotik.

Sering kita lupa kalau sebenarnya ada solusi lain selain obat-obatan kimia Obat-obatan tradisional dalam bentuk jamu yang mudah dijangkau, sangat dekat dan lebih baik pula khasiatnya. Jamu merupakan obat tradisonal dari bahan alam dan tanpa efek samping. Bahan-bahan jamu sendiri diambil dari tumbuh-tumbuhan yang ada di Indonesia baik itu dari akar, daun, buah, bunga, maupun kulit kayu. Leluhur kita menggunakan resep yang terbuat dari daun, akar dan umbi-umbian untuk mendapatkan kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit,

Bagi masyarakat Indonesia, Jamu adalah resep turun temurun dari leluhurnya agar dapat dipertahankan dan dikembangkan. Namun saat ini sudah banyak warga Indonesia yang tidak lagi memanfaatkan segalah keajaiban bahan alami dari alam tersebut. Sejak dahulu kala, Indonesia telah dikenal akan kekayaannya, tanah yang subur dengan hamparan bermacam-macam tumbuhan yang luas. Campuran tanaman obat traditional ini di kenal sebagai banyak warga Indonesia dengan sebutan jamu. Dimana Indonesia dikenal sebagai Negara nomor 2 dengan tanaman obat tradisional setelah Brazilia.

Tanah yang subur dengan kekayaan tanaman sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia dahulu karena mereka bergantung dari alam dalam usahanya untuk memenuhi bermacam-macam kebutuhan. Pengolahan tanah, pemungutan hasil panen, proses alam tidak hanya menghasilkan makanan, tetapi juga berbagai produk yang berguna untuk perawatan kesehatan dan kecantikan.

Selain khasiat dari dalam tubuh manusia, Jamu yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sudah sangat sulit ditemukan disekitar warga. Kurangnya kesadaran warga untuk memelihara kelestarian tanaman obat di sekitar tempat tinggal menjadi salah satu penyebab utama. Kurangnya pengetahuan dan kesadaran warga akan pentingnya melestarikan tanaman obat tradisional membuat warga minim kepedulian. Bukan hanya khasiat pengobatan yang tumbuhan tradisional berikan sebagai bahan dasar jamu tapi juga sebagai solusi penghijauan untuk bumi agar lebih sehat di huni. Makin banyak tumbuhan tradisional yang di tanam warga disekitar tempat tinggal maka deposit udara bersih yang kaya oksigen makin bertambah, 

sehingga bukan hanya khasiat pengobatan dalam yang didapatkan tapi juga manfaat kesehatan raga dan jiwa dari luar yang kita dapatkan. Kesehatan merupakan kesyukuran yang melebihi apapun, mau banyak uang ataupun tidak semua ingin hidup sehat. Untuk mendapatkannya sangat perlu kita menjaga gaya hidup dan lingkugan hidup kita. Dengan memanfaatkan jamu sebagai warisan leluhur yang telah terlupakan kekhasiatannya perlu kita tau lebih dalam tumbuhan-tumbuhan obat tradisional yang memiliki khasiat untuk mencegah ataupun mengobati. Kurangnya kesadaran kita untuk memelihara tumbuhan tradisional membuat kita sangat sulit mendapatkan bahan-bahan alami yang sangat baik untuk tubuh. Resep racikan jamu tradisionalpun kini kian jarang terpublis sehingga banyak orang yang tak tau memanfaatkannya. Tak jarang orang malas meminum jamu karena rasa dan baunya, namun sekarang ini racikan jamu sudah ada dalam kemasan tablet. Kita perlu kembali melestarikan Jamu sebagai pengobatan terpercaya di Indonesia. Jangan sampai orang lain lebih menghargai warisan leluhur kita dibanding kita sendiri. Gaya hidup sehat di mulai dari sekarang dari alam dan untuk alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih