Sabtu, 25 Mei 2013

Blog Untuk Duniaku


Apa jadinya kalau saya tidak mengenal Blog…?

Setiap manusia punya isi di kepalanya, isinya itulah yang kita sebut otak. Otak bagi saya ibarat planet yang punya bermilyaran penduduk dengan kisah dan ceritanya masing-masing. Selain otak punya bermilyaran penduduk ada organ lain yang bekerjasama dengan otak yaitu mata. Mata adalah jendela kehidupan, apa yang ditangkap oleh mata akan membuat bermilyaran penduduk otak akan melakukan aktivitasnya (berpikir) yaitu membuat cerita dan kisah tersendiri. Sama seperti bumi otak punya berbagai bagian yang penduduknya punya karakter masing-masing. Tiap cerita yang tercipta dari tiap bagian otak akan menghasilkan kisah  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh.).

Nah otakku mungkin sudah punya kelebihan penduduk makanya banyak aktivitas yang terjadi di otakku. Setiap apa yang saya pikirkan adalah hasil dari aktivitas penduduk di otakku. Akibatnya aktivitas itu membuat aktivitas organ yang lain berhenti sejenak dan biasanya membuat saya melamun. Dalam lamunan itu hasil dari aktivitas penduduk di otakku (pikiran) terus terputar sendiri di otak dalam bentuk imajinasiku sendiri. Ingin sekali tiap aktivitas penduduk di otakku ini bisa menjadi nyata lewat kata dan kalimat sehingga imajinasiku tak sekedar lewat atau berputar-putar di otakku saja.

Lantas apakah saya ingin pekerjaan atau aktivitas penduduk otakku menjadi sia-sia saja padahal tiap cerita yang tercipta ada hasil yang ku sebut kisah. Nah Blog adalah salah satu media dimana tiap aktivitas penduduk di otakku bisa terpublikasi dan bisa membaginya ke planet (Manusia) lainnya atau otak-otak lainnya.

Sebelum saya mengenal Blog saya sering menuliskan aktivitas otakku di buku harian atau diary pribadi. Kenapa pribadi karena saat itu rasanya malu untuk  membagi apa saja yang saya pikirkan. Saya sering berpikir aktivitas yang dilakukan penghuni otakku ini sangat berbeda dengan otak yang lain. Baru belakangan ini setelah saya mengenal blog, saya baru tau ternyata semua otak di belahan bumi ini memang tak ada yang sama makanya saya suka menyebut isi kepala ini adalah planet. Planet satu dengan yang lain takkan pernah sama. Kita memang sama-sama melihat, persamaan itu terjadi karena adanya penjelasan, kita tau bola itu bulat karena memang orang terdahulu kita menyepakati bahwa bola bentuknyabulat. Coba bayangkan sebelum ada kesepakatan bahwa bola itu bulat. Saya yakin setiap orang punya persepsi yang berbeda.

Blog membuat saya bisa menyampaikan segala aktivitas penduduk otakku. Baik itu belahan otak bagian kanan, kiri maupun tengah. Kutipan yang mengatakan bahwa keberagaman itu indah, saya setuju. Mengapa otak kita yang belahan kiri, kanan maupun tengah tidak sama saja aktivitasnya? Menurutku bila itu terjadi maka hidup ini akan berwarna sama. Hanya ada Hitam tak ada putih, hanya ada suka atau senang tanpa ada diantaranya, hanya ada pagi dan tak ada malam. Hanya ada pahit atau manis tanpa ada salah satunya. Masih banyak lagi yang akan monolisme di dunia ini bila kerja otak kita tak terbagi antara kanan, kiri dan tengah. Jadi kalau tidak ada blog semua keseruan yang terjadi dalam aktivitas otakku akan sia-sia saja sampai sekarang.  

Blog membuat saya menemukan orang-orang dengan isi otak yang berbeda namun punya masalah sama yaitu kelebihan penduduk di otak. Blog membuat saya ingin melihat lebih banyak lagi karena tak takut lagi bila aktivitasnya berlebih karena banyak yang bisa ku tampung di Blog. Blog membuatku melihat lebih jelas lagi sisi-sisi yang tersembunyi dan berpikir lagi lebih mendetail. Blog membuatku jauh berotasi dan tak hanya ada satu orbit planet yang bisa ku putari karena ada banyak orbit yang bisa aku coba. Karena blog adalah ruang dimana tiap senti waktu adalah ruang untuk mencari.

2 komentar:

  1. katanya menulis itu bisa jadi terapi jiwa, ngeblog adalah salah satunya. yuk terus ngeblog....

    BalasHapus
  2. iya kak, sangat membantu Keep writing

    BalasHapus

Terima Kasih